.
Latest News

Keluarga Berperan Tumbuhkan Budaya Membaca

Monday , Posted by CendekiaCentre at 9:15 PM

SENIN, 14 DESEMBER 2009 | 20:05 WIB
KOMPAS.com - Membudayakan kecintaan membaca bisa mulai ditumbuhkan di dalam keluarga. Peran orangtua, terutama ibu, cukup penting untuk menarik minat anggota keluarga membaca buku sejak dini.


Duta Baca Indonesia, Tantowi Yahya di Jakarta, Senin (14/12/2009), mengatakan selain sekolah sebagai institusi yang mengajarkan membaca, peran ibu juga sangat penting. Seorang ibu memiliki waktu jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayah. Anak juga lebih dekat dengan ibu.

"Ibu punya kekuatan luar biasa untuk membentuk anak. Kalau ibu menggunakan peranannya dalam konteks memberikan contoh yang baik bagi anaknya, dalam hal ini membaca. Insya Allah anak akan menjadi pembaca. Apa yang dilakuan ibu saya sebagai orang kampung lulusan madrasah adalah dia tidak memaksa saya untuk membaca. Tetapi di depan saya, dia baca terus. Jadi dia memberikan contoh. Contoh itu yang terlihat dan kemudian terekam di saya seumur hidup saya," kata Tantowi.

Sementara itu, guna terus menumbuhkan budaya masyarakat di kalangan masyarakat, pemerintah mendukung pembangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kepala Sub Direktorat Kemitraan Direktorat Pendidikan Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Depdiknas, Pahala Simanjuntak menyampaikan pemerintah memberikan dukungan bagi masyarakat yang mengembangkan TBM.

Pahala menyebutkan, ada dua jenis bantuan yang diberikan. Pertama adalah TBM Keaksaraan. Bantuan sebanyak Rp 15 juta diberikan untuk membeli buku-buku yang relevan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Bantuan yang kedua adalah TBM Penguatan Minat Baca sebanyak Rp 25 juta. TBM ini untuk mengembangkan minat baca dalam rangka pembudayaan kegemaran membaca.

Currently have 1 komentar:

  1. setuju sekali bro, emang kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak kecil, biar kelak makin pinter.
    salam dari pernikahan adat Indonesia

Leave a Reply

Post a Comment

CENDEKIA